Fat Fight with Body Combat

Hai! Sudah olahraga apa hari ini?

Masih ingat ‘kan tulisan saya tentang Body Balance? Body workout yang mengkombinasikan gerakan pilates, taichi dan yoga sekaligus keseimbangan badan. Gerakannya soft and slow banget sih. Tapi….efeknya luar biasa. Mandi keringat!

Nah, kali ini saya akan sharing tentang Body Combat. Wah, combat? Semacam berkelahi, ya? Bener banget! Body Combat adalah workout yang menggabungkan berbagai gerakan bela diri seperti muaythai, kickboxing, sampai olahraga semi dance yang terkenal dari Brazil, Capoeira. Sama seperti Body Balance, Body Combat dikembangkan oleh sebuah institusi kebugaran bernama Les Mills yang memiliki misi to create a fitter planet. Sebuah misi yang sehat dan mulia, ya!

bodycombat-kick-shoes

Body Combat (lesmills.com)

Mengutip dari situs resmi Les Mills, Body Combat is high-energy martial-arts inspired workout is totally non-contact and there are no complex moves to master. Body Combat ini merupakan salah satu high intense workout yang bakal menguras seluruh energi dengan kombinasi berbagai gerakan bela diri yang tentunya nggak asal bikin capek tapi juga sekaligus stress reliever, energy booster dan mood lifter. Kombinasi punch and kick selama 60 menit dengan iringan musik yang asyik, Body Combat diklaim dapat membakar hingga 740 kalori yang tentunya menyasar seluruh bagian tubuh mulai dari kaki, memperkuat lengan, punggung dan bahu serta tentunya memperkuat perut.

Bagi saya, tantangan terberat dari Body Combat adalah mempertahankan endurance selama latihan karena intensitas gerakan yang tinggi dan perpindahan seri gerakan ke seri gerakan berikutnya yang memiliki jeda hanya antara 30 – 45 detik. Bahkan tidak jarang, saya mem-pause diri sendiri beberapa saat karena kelelahan dan hal seperti itu wajar karena instruktur selalu mengingatkan untuk listen to your body. Jangan sampai niatnya olahraga supaya bugar malah pingsan karena terlalu memaksakan diri.

Oya mungkin ada yang bertanya, kalau yang belum pernah latihan Body Combat sama sekali bagaimana? Don’t worry! Body Combat didesain bisa diikuti oleh semua kalangan termasuk level intesitas olahraganya dan tidak perlu menguasai salah satu bela diri yang tadi saya sebutkan. Hanya saja, disarankan untuk mengikuti kelas Body Combat dari awal karena walaupun  high intense, Body Combat tetap ada tahapannya mulai dari pemanasan (warming up), gerakan inti (core), dan tentunya pendinginan (cooling down).

This slideshow requires JavaScript.

Faktor lain yang menarik lainnya dari Body Combat adalah adanya seri yang dirilis secara berkala. Maksudnya bagaimana? Jadi, oleh Les Mills Body Combat dirancang dengan berbagai kombinasi gerakan dan setiap rilis memiliki kombinasi yang berbeda, dan body part focus yang berbeda. Serunya lagi, track list lagu dari masing – masing rilis berbeda. Musiknya asyik banget! (Fun Fact: Track List Body Combat bisa didengerin di Spotify)

Seru, kan? Kalau pengen cobain seperti apa sih Body Combat bisa ikut trial class bareng saya di Fitness First. Gratis! Cukup siapkan baju olahraga, air minum, dan handuk kecil dan tentu saja your energy karena bakal berkeringat yang artinya kalori dan lemak terbakar!

Sampai ketemu di studio, ya!

*bonus foto after workout dan selfie bareng instruktur Body Combat Fitness First

This slideshow requires JavaScript.

Advertisements

2 responses to “Fat Fight with Body Combat

Your comment, please!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s