Seimbangkan Hidup dengan Body Balance

Body Balance majidfitpro.vcp.ir

Body Balance – majidfitpro.vcp.ir

 

Beauty is only skin deep. I think what’s really important is finding a balance of mind, body and spirit. – Jennifer Lopez

 

Seribu satu jalan ke Roma, begitu pun untuk mendapatkan tubuh sehat dan fit. Olahraga teratur, mengonsumsi makanan sehat dan seimbang serta istirahat teratur adalah beberapa cara yang lazim ditempuh untuk memiliki tubuh sehat. Bicara tentang olahraga pun, ada beragam jenis olahraga yang bisa dilakukan, mulai dari yang sederhana dan murah, hingga olahraga dengan biaya yang ehmmm…. menguras kantong. Tapi apa pun jenis olahraganya, pastilah untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan seimbang. 

Seiring dengan perkembangan kebutuhan, pusat kebugaran / fitness center bermunculan di berbagai kota di Indonesia, salah satunya adalah Fitness First yang memiliki 11 klub yang tersebar di beberapa wilayah di Jakarta. Saya sendiri sudah bergabung sebagai member di klub ini sudah hampir 1 (satu) tahun. Yah, meski sempat beberapa bulan menjadi “donatur” alias jarang berlatih 😀

Selain menyediakan peralatan untuk olahraga (baca: membentuk tubuh menjadi ideal dan atletis), Fitness First juga menyediakan beragam group class training untuk para member. Mengutip dari Website resmi Fitness First, group class training terbagi menjadi beberaga kategori: cardio, strength and conditioning, mind and body, dance, free style dan feature class.

Nah, hari Kamis kemarin saya mengikuti salah satu group class training: Body Balance. Dari istilahnya saja sudah bisa diketahui fungsi umum latihan ini. Yap. Untuk melatih keseimbangan dan fleksibilitas tubuh. Tapi, apa dan bagaimana sih Body Balance itu? Simak yah video teaser berikut! (Note: Video teaser dari tim Fitness First Thailand)

BODYBALANCE dikembangkan  oleh Les Mills sebuah perusahaan yang mengembangkan choreographed exercise-to-music group fitness classes berbasis di Selandia Baru dan didistribusikan ke pusat – pusat kebugaran di beberapa negara. Jika melihat dari video teaser, terdapat beberapa gerakan yang cukup familiar, kan? Dari hasil perbincangan singkat dengan Mas Tony, instruktur BODYBALANCE di Fitness First Kemang Village, BODYBALANCE merupakan perpaduan dari gerakan – gerakan Tai Chi, Yoga dan Pilates. Olah tubuh yang berlangsung 60 menit ini memang cukup menantang dan tentunya membuat saya berkeringat.  Cukup menantang karena ada beberapa gerakan yang membutuhkan fleksibilitas tubuh yang baik serta keseimbangan badan. Nah, ini nih salah satu gerakan yang cukup sulit meskipun nampaknya sepele.

Body Balance - FB BODYBALANCE

Body Balance – FB BODYBALANCE

Saya baru mengikuti 2 (dua) kali kelas BODYBALANCE ini. Alhasil, saya masih harus sering – sering melihat ke arah instruktur apa dan bagaimana gerakan – gerakan yang harus saya lakukan. Dan saya kagum sih dengan si instruktur yang bisa dengan sempurna melakukan setiap gerakan yang membutuhkan keseimbangan sementara saya harus berjuang mempertahankan badan tetap stabil. Nah, mungkin karena saya jarang stretching, ditengah – tengah latihan saya mengalami kram otot di kaki kiri. Yah, mau tidak mau saya harus break beberapa saat untuk pemulihan. Hahaha…!!!

Oya, seluruh gerakan BODYBALANCE ini termasuk dalam kategori Low Intensity. Artinya, tidak ada gerakan yang menghentak atau pun lompat. Apalagi dengan latar musik yang slow beat dan menenangkan. Meskipun begitu, dalam 60 menit sekitar 390 kalori dalam tubuh kita terbakar. Cocok sih buat kamu yang malas gerak  tapi ingin tetap fit dan berkeringat 😀 Masih pemula dan nggak pernah olahraga sebelumnya? Don’t worry! BODYBALANCE bisa dipraktekan oleh siapa pun, kok. Apalagi dengan adanya instruktur yang memandu, tentu akan lebih mudah. Instruktur pun akan menanyakan bagaimana kondisi kita. Yah, untuk memberi motivasi kita untuk tetap mengikuti latihan sampai akhir. Tidak jarang pula instruktur akan memberikan alternatif gerakan/posisi yang lebih mudah diikuti oleh pemula supaya tidak terjadi cidera otot.

Salah satu gerakan BODYBALANCE - Fan Page BODYBALANCE

Salah satu gerakan BODYBALANCE – Fan Page BODYBALANCE

Can You Do This? - Fan Page BODYBALANCE

Can You Do This? – Fan Page BODYBALANCE

Lalu, apa sih sebenarnya manfaat keseluruhan dari BODYBALANCE ini? Melakukan BODYBALANCE selama 60 menit dapat meningkatkan fleksibilitas sendi dan range of motion, body tones & shapes, dan kesehatan mental (enhances mental wellbeing). BODYBALANCE selain menempa dan mengolah fisik, juga menanamkan spirit keseimbangan hidup, “….create a holistic workout that brings the body into a state of harmony and balance.”

Jadi, kalau kamu ingin mendapatkan manfaat sekaligus dari Tai Chi, Yoga, dan Pilates, kamu musti coba BODYBALANCE. Dijamin bakal ketarik – tarik ototnya! Hahaha….

Wanna join BODYBALANCE with me?

– Yosodihardjo’s –

Advertisements

3 responses to “Seimbangkan Hidup dengan Body Balance

  1. Wow nice article mas… Sy juga gemar bgt bodybalance.. Lumayan keringetan.. Apalagi kalo ac ruangan juga dimatikan..

  2. Pingback: Fat Fight with Body Combat | The Yosodihardjo's Story Page·

Your comment, please!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s