Warnai Rumahmu! (Dan Juga Hidupmu!)

Color Quote

Color Quote from Pinterest

Kegiatan yang saya sukai sewaktu masih kecil (hmmm..maksudnya pas TK – SD gitu!) adalah mewarnai. Bukan. Bukan menggambar. Nggak ada bakat menggambar. Mewarnai memberi kesempatan kepada saya untuk menuangkan ekspresi lewat crayon ataupun pensil warna pada bidang gambar yang masih polos. Hahaha…masih ingat kalau cara saya mewarnai gambar pada waktu itu masih belepotan, tabrak sana sini; yang penting full color. Kesukaan saya pada kombinasi warna masih berlanjut hingga hari ini. Acap kali ketika saya mampir ke sebuah supermarket bahan bangun, saya sempatkan untuk mampir ke bagian cat sekedar untuk melihat kertas palet warna yang tersusun rapi di rak atau melihat seri katalog warna yang seringkali membuat saya berdecak kagum lalu berkhayal: “Duh…kalau aku punya rumah nanti, aku pengen ngecat rumah kaya’ foto rumah yang ini, ah!”

Mengenal penggunaan warna kemudian saya tekuni ketika saya bekerja di sebuah furniture company dan interior design. Pada saat itu, saya diajari bagaimana sebaiknya mengkombinasikan warna, terutama perpaduan dinding, pemilihan furniture, serta dekorasi interior supaya rumah atau ruangan terasa nyaman ditempati; Dan juga, teknik mengecat dinding pun sempat saya pelajari juga, lho!

Beruntung sekali saya pada hari Sabtu beberapa pekan lalu saya mendapatkan tambahan ilmu tentang jenis – jenis cat dan teknik mengecat dalam sebuah workshop singkat (dan mengenyangkan) bersama Kansai Paint.  Perusahaan cat yang bermula dari Jepang ini berkiprah mewarnai industri cat/coating di Indonesia sudah lebih dari tiga dasawarsa, tepatnya tahun 1977. Baru tahu juga nih kalau Kansai Paint gak hanya punya produk cat dekoratif/cat tembok, tapi juga jenis lain termasuk untuk kayu dan besi, pelapis untuk alat musik, otomotif hingga industri alat berat. Wuidiihh…lengkap bener ya!

Selama workshop ini saya mengenal secara lebih detail produk cat dekoratif yang dimiliki oleh Kansai Paint. Produk pertama yang diperkenalkan adalah Cat Tembok Property, yang punya keunggulan anti bakteri plus bebas merkuri, tentunya aman buat keluarga. Nah, buat yang sering ngomel bau cat yang menyengat, produk yang ini bakal bikin hidung kita nyaman, karena beraroma apel. *endus – endus tembok* Ah, gimana ya kalau dibuat aroma coklat? Bakal makin betah di rumah kali ya 😀

Solusi buat keluarga yang punya anak kecil sukanya corat – coret tembok bisa pakai produk Kansai EcoClean. Kalau cuman dicoret pakai spidol, pensil warna atau stabilo mah, tinggal diusap aja pakai lap basah. Cliiing…!!! Bersih lagi deh tuh tembok. Produk ini diklaim tahan terhadap noda dan tahan terhadap gosokan. Kalau terhadap godaan mantan, tahan ga ya? #eh. Pastinya aman juga kok untuk keluarga karena tidak mengandung merkuri dan timah hitam. Hati tenang, beraktivitas di rumah pun jadi lebih menyenangkan.

Eh iya, pernah gak sih ngeliat tembok luar rumah yang kusam terus berjamur dan berlumut gitu? Gak enak banget dilihatnya, kan. Kansai Paint lagi – lagi punya produk inovatif yang bebas merkuri dan tentunya tahan terhadap cuaca, jamur dan juga lumut: Splesh, Inspired by the beauty of dance. Haseeeek….serasa ngeliat orang nge-dance di tembok. Hahaha….

Nah, buat yang suka bikin pernak – pernik dari kayu, FTALIT bisa kudu jadi pilihan utama nih. FTALIT merupakan produk andalan dari Kansai Paint. Eh, ga cuman kayu, lho. Produk ini juga diaplikasikan untuk besi. Hmmmm…jadi kepengen bikin instalasi vertikal garden nih.

Decorative Products Kansai Paint

Decorative Products Kansai Paint

Oh iya. Ada informasi berharga yang sayang buat dilewatkan nih. Saya juga baru tahu kalau Kansai Paint menggunakan wadah cat yang food grade. Lantas apakah wadah cat ini bisa dipakai untuk menyimpan makanan? Bukan itu sih maksud utamanya. Pada intinya Kansai Paint benar – benar memikirkan keamanan dan kenyamanan penggunanya. Mulai dari bebas merkuri, anti bakteri, aroma cat yang lebih menyenangkan, hingga wadahnya pun dibuat seaman mungkin. Paket lengkap lah!

Pekerjaan mengecat itu sebenarnya menyenangkan, lho! Pengalaman ini saya dapatkan sewaktu mengecat tembok kamar rumah saya di Salatiga. Menyenangkan dan juga melatih kesabaran juga sih karena musti mengecat dua kali supaya hasilnya sempurna. Di workshop bersama Kansai Paint pada waktu itu juga disampaikan gimana sih mengecat tembok yang bener itu. Beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya pastikan tembok yang dicat bersih dari kotoran dan debu; dan yang nggak kalah pentingnya adalah melapisi tembok dengan cat dasar terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan cat warna pilihan. Sekalipun pemula, kalau kita ikutin tahap – tahap dan trik mengecat a la Kansai Paint ini, hasilnya pasti memuaskan.  Siapa tahu nanti bisa jadi tukang cat handal 😀

Tahapan Mengecat Tembok

Coba deh keliling rumah terus lihat lagi kira – kira bagian atau ruangan mana yang pengen di-make over karena bosan dengan warna cat yang lama dan kepengen ganti suasana. Baik banget nih Kansai Paint karena sudah menyiapkan banyak inspirasi warna untuk rumah di Colouring Your Life yang bisa dijadikan referensi. Asyiknya lagi, kalau kita suka dengan warnanya, tinggal catat kodenya lalu datang ke toko/supermarket bahan bangunan untuk mendapatkan cat dengan warna yang diinginkan.

Inspirasi Warna Colouring Your Life

Inspirasi Warna Colouring Your Life

Mengekplorasi warna selalu menjadi aktivitas yang selalu menyenangkan buat saya, meski hanya sekedar melihat lewat palet warna. Sepertinya bakal makin seru kalau bisa saya aplikasikan di rumah idaman saya nantinya. ( Ada Amin? Amiiinn…..). Untungnya, sekarang sudah ada Colouring Your Life yang bisa jadi panduan, jadinya selain bisa mewarnai rumah, bisa sekaligus mewarnai hidup.

Jadi, apa warnamu hari ini?

 

– Yosodihardjo’s –

Advertisements

One response to “Warnai Rumahmu! (Dan Juga Hidupmu!)

  1. Dua hari ini warna hati lagi merahjambu-biru euy.
    Eh ini nanya warna rumah ya. Kalo rumah, aku sukanya lime green gitu. Seger!

Your comment, please!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s