Food Talks: #IndraJajan – Aroma Sangit Nan Menggoda di Bakmi Jogja Mastok

Hi! Ketemu lagi di kupasan cerita singkat seputar makan hore murah meriah: #IndraJajan ! (ceilaah…gaya banget berasa opening di tv aja! :p ) Hahaha…

Iya nih. #IndraJajan balik lagi mau bagi cerita tentang seru dan kenyangnya makan Bakmi Jogja Mastok Warung Buncit, Jakarta Selatan.

Bisa jadi sebagai besar teman – teman udah tahu dimana Bakmi Jogja Mastok berada. Saya pikir sih awalnya Bakmi Jogja Mastok cuman ada satu di Warung Buncit, eh ternyata ada beberapa outlet lainnya di Jakarta. Kata Mizan, Bakmi Jogja Mastok bisa disamperin di Warung Buncit, Gondangdia dan Jalan Haji Nawi. Karena lokasi yang terjangkau dari manapun itu di Warung Buncit, maka memutuskan untuk mampir yang di Warung Buncit. (hmmm….sebenarnya milih lokasi ini karena paling dekat sama kost, sih! *grin* )

Tawaran #IndraJajan di Bakmi Jogja Mastok muncul dari Mizan yang mention saya di Twitter, menanyakan kapan dan dimana nih #IndraJajan berikutnya. Nah, karena waktu itu lagi kepengen banget makan mie Jawa, akhirnya muncul ide untuk menjadikan Bakmi Jogja Mastok sebagai venue. Berawal dari saling mention antara saya dan Mizan, akhirnya di hari dan jam yang sudah ditentukan, bergabung jugalah teman – teman lain: Aad, Dita, Suryo, Rudy dan mbak Wiwik (hmm…siapa lagi ya? ). Jadilah #IndraJajan Minggu malam lalu itu rame dan seru!

Menikmati masakan Jawa, terutama bakmi dan nasi goreng Jogja memang terdapat satu keistimewaan tersendiri, yaitu aroma sangit yang sangat khas. Darimana datangnya aroma sangit ini? Bakmi Jogja Mastok dan kebanyakan bakmi ala Jogja lainnya dimasak tidak menggunakan kompor gas atau kompor minyak, melainkan menggunakan arang yang ditempatkan ke dalam anglo. Nah, dari sinilah aroma sangit ini berasal. Asap yang mengepul dari pembakaran arang bercampur dengan uap/asap masakan. Tentunya aroma sangit ini tidak merusak rasa karena hanya sekedar menambah aroma masakan yang uniknya ini menjadi ciri khas bakmi Jawa/Jogja. Ngangenin! 

#IndraJajan - Bakmi Jogja Mastok

Menikmati masakan Jawa di Bakmi Jogja Mastok juga berarti menikmati kesederhanaan ruang tanpa meninggalkan kenyamanan selama menyantap hidangan. Ruang yang tidak terlalu luas, mungkin hanya mampu menampung hingga 20 orang sekaligus. Tanpa pendingin ruangan, Bakmi Jogja Mastok memberikan sensasi makan bakmi yang seru: makan plus kemringet! Nah, baru berasa sensasinya! ( Tips: Untuk mendapatkan sensasi seru makan bakmi godhog, makanlah selagi hangat, jangan lupa tambahkan beberapa potong cabe rawit. Dijamin, sensasi panas dan pedas akan membuat sekujur tubuh berkeringat! )

Menu yang ditawarkan adalah bakmi (goreng dan godhog) serta nasi goreng yang tentunya bisa request tingkat kepedasannya yang didapat dari potongan cabe rawit yang tercampur ke dalam masakan. Kalau ingin mendapatkan bakmi yang lebih istimewa, bisa minta additional daging paha ayam, sayap ayam atau uritan (telur muda). Ya tentunya extra price! Untuk harga, jangan ditanya deh! Sudah pasti terjangkau dengan rasa masakan yang bikin pengin balik lagi. Enak dan mantap ! Pokoknya, perantau dari Jogja yang kangen dengan rasa asli Jogja, musti mampir ke sini. Penyajiannya tergolong cukup cepat meskipun pengunjung cukup ramai karena menggunakan 2 (dua) buah gerobak dengan 2 (dua) anglo.

#IndraJajan - Bakmi Jogja Mastok

Lokasi Bakmi Jogja Mastok yang di Warung Buncit ini gampang ditemukan. Patokan mudahnya adalah berseberangan dengan Rumah Sakit Jakarta Medical Center (JMC) ditambah sekitar 20 meter berjalan kaki ke arah Ragunan. Petunjuk ini barangkali bisa dijadikan patokan buat teman – teman yang belum paham di mana posisi tepatnya.

#IndraJajan di hari Minggu malam yang diwarnai dengan hujan yang cukup deras terasa semakin akrab dan hangat dengan kehadiran teman  – teman. (Psssttt….. Dita ‘Gigi’ menghabiskan 2 porsi bakmi, lho! 🙂 ). Makan malam diiringi obrolan seru ini harus berakhir karena waktu beranjak semakin malam. Pastinya, #IndraJajan di Bakmi Jogja Mastok ini seru! Thank you buat teman – teman yang sudah ikut ngeramein!

#IndraJajan - Bakmi Jogja Mastok v2

Nah, dimanakah #IndraJajan berikutnya? Tunggu cerita dari saya, ya! Salam Jajan ! :9

– Yosodihardjo’s –

 

Advertisements

4 responses to “Food Talks: #IndraJajan – Aroma Sangit Nan Menggoda di Bakmi Jogja Mastok

  1. Kapan aku diajak #IndraJajan ?
    Kalo jumat dan pas aku di Indonesia diingetin opo o…
    kalo kak dita abis 2 piring aku pasti abis 3-5 piring :))

  2. Aku mau di ajak kalo #indrajajan hahaha …. btw bakmi mastok ini lumayan enak tapi ngak begitu cocok ama lidak gw, lebih demen bakmi roxy #ngelanturrrrr

Your comment, please!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s