Jakarta Berkebun (Lagi) !

“Ah, udah lama nggak ngebon nih! Kapan kita ngebon lagi?”

JKT Berkebun at Casa Goya

 

“Teman, kita punya #kebonbaru nih! di Casa Goya!”

Jakarta Berkebun akhirnya punya lahan lagi untuk digarap setelah beberapa waktu istirahat dari aktivitas berkebun di lahan. Artinya ngebon lagi ! Dan artinya, saya dan pegiat – pegiat lain mulai turun ke lahan: nyangkul tanah, membuat bedeng dan seabreg aktivitas lainnya untuk persiapan #tanamperdana.

Adalah sebuah kawasan pemukiman elit di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat yang menjadi lahan ke-5 yang digarap oleh Jakarta Berkebun, yaitu di Casa Goya Park Residences. Memang bukan lahan yang luas, yah mungkin kurang lebihnya 1000 m2, tapi sudah membuat saya dan teman – teman pegiat lain senang bukan main. Yak ! Akhirnya kami ngebon lagi ! 😀

Minggu, 14 April 2013, adalah moment awal Jakarta Berkebun (lagi) di Casa Goya Park Residences (tepatnya di area The Gianneti Apartment). Hmmm…..jangan dikira lahannnya sudah siap tanam. Kami harus nyangkul dulu, nih. Sekitar 20 pegiat turun ke lahan, ambil cangkul dan hosh…hosh…hosh !! Semua berolahraga mengayun cangkul dan membuat tanah gembur siap disebar benih. Bu Ida Amal,  sebagai sesepuh berkebun kami, lantas mengusulkan ide untuk membentuk bedeng lain dari yang lain. Akhirnya, tercetus untuk membentuk formasi G O Y A. Yeaay….! *jingkrak – jingkrak*

JKT Berkebun at Casa Goya

cangkul…cangkul…cangkul yang dalam….!

 

Ada hal yang unik dari pencangkulan lahan ini. Seperti lahan rintisan di Springhill Kemayoran, para pegiat kembali harus berjuang extra karena sering kali menemukan ‘harta karun’ seperti sandal jepit, kaos kaki, plastik, dan bahkan bebatuan yang tertimbun di dalam tanah. Para pegiat harus memisahkan ‘harta karun’ ini dari tanah. Di pencangkulan lahan ini, ga cuman pegiat cowok saja lho yang nyangkul! Ada beberapa srikandi kebun yang malah lebih jago dari pegiat cowok !

JKT Berkebun at Casa Goya

srikandi kebun, nih! 

 

Yes! We did it FUN ! Konsep berkebun yang diusung oleh Jakarta Berkebun adalah fun theory. Meskipun kudu nyangkul, musti berkotor – kotor, berkeringat, kepanasan atau bahkan kehujanan, para pegiat tetap bisa seru-seruan. Ya, apalagi kalau bukan eksis plus narsis di social media, seperti pegiat yang satu ini:

JKT Berkebun at Casa Goya

nyangkulnya yang dalem ya, neng!

 

Seperti di lahan – lahan sebelumnya, lahan di Casa Goya Park Residences ini akan ditanami bayam dan kangkung, karena kedua jenis sayur ini yang ‘bandel’ dan bisa beradaptasi dihampir semua kondisi tanah dan cuaca. Rencananya, akan mencoba menanam pare yang akan menjadi tanaman pergola supaya kebunnya jadi tambah keren.

Pe-eR Jakarta Berkebun masih banyak, nih! Bedengan belum sepenuhnya siap, tanah masih harus dicampur dengan pupuk kandang, dan memberi pagar bambu (gedheg) di sekeliling bedengan. Nah, kalau ada yang ingin membantu menyelesaikan Pe-eR ini dan  merasakan keseruan berkebun bareng Jakarta Berkebun, yuk ikut kegiatan berkebun setiap hari Minggu sore di Casa Goya Park Residences, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Jangan lupa, karena berkebunnya fun, boleh kok bawa boot yang fashionable, pake topi stylish asal tetep buat kamu nyaman selama berkebun.

Berkebun, yuk!

JKT Berkebun at Casa Goya

Advertisements

Your comment, please!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s