( masih ) tentang Teh. Teh 999.

Hi !

Masih berbicara tentang teh. Suatu hari saya membaca tweet salah seorang teman saya yang sedang menyinggung tentang teh, tiba – tiba saya teringat tentang satu merek teh yang masih saya ingat sekali, bahwa teh tersebut sering saya minum ketika berada di rumah alm. mbah putri dan mbah kakung di sebuah desa di pinggiran kota Salatiga.

Teh 999.

Ya, itu nama teh legendaris yang saya ingat saat itu. Dengan bungkus warna merah tua dan tulisan angka ‘999’ berwarna hitam. Saya masih ingat benar bahwa alm. mbah putri paling suka menyeduh Teh 999 dibanding teh merek lain yang ada pada saat itu, seperti teh poci, teh tong tji, teh gopek, dll. Saya memang tidak pernah menanyakan kenapa alm. mbah putri sangat menyukai teh tersebut. Kalau boleh saya mengingat – ingat sedikit tentang rasa Teh 999, memang rasanya berbeda dengan teh – teh lainnya ( Ibu saya di rumah pada waktu itu biasa menyeduh Teh Cap Poci ). Teh 999 memiliki rasa yang khas. Apa ya…hhmm…mungkin secara gampangnya saya menggambarkan rasa Teh 999 itu dengan rasa ‘ndeso’.

Ya, betul ! Aroma dan rasanya yang menurut saya sangat berbeda. Aroma dan rasa ‘ndeso’. Masih ingat di benak saya ketika alm. mbah putri menyajikan teh untuk cucu – cucunya, selalu dengan daun teh-nya. Atau lazim orang bilang teh tubruk. Mungkin dari cara pembuatannya seperti itu jadi aroma teh nya sangat kental.

Kemudian,iseng saya bertanya kepada teman saya :”Eh mas. memangnya teh 999 masih ada ya ? ” Sejurus kemudian, teman saya mengatakan bahwa mungkin saja masih ada. Karena penasaran dengan keberadaan teh legendaris ini, saya lalu browsing tentang Teh 999 dan menemukan image dari kemasan teh tersebut. Dan dari beberapa referensi menyebutkan bahwa teh tersebut masih ada di pasaran hanya saja sulit ditemukan di toko – toko modern.

Ah, saya jadi semakin penasaran ingin menemukan Teh 999 ini. Menikmati kembali seduhan teh dengan aroma dan rasa ‘ndeso’ yang pernah saya rasakan ketika masih kecil.

Mau bantu saya berburu Teh 999 ini ? 🙂

Nge-teh yuk !

– Yosodihardjo’s –

Advertisements

4 responses to “( masih ) tentang Teh. Teh 999.

  1. Betul memang enak, sepet, sedep. Teh ini pas jg dicampur dg teh poci, sedaaaap deh…
    Di Jkt susah nyarinya. Klo pulang ke Solo baru deh puas berburu 😉

  2. Masih ada saudara2ku, jika berkenan saya bisa bantu kirimkan ke alamat saudara2… Teh ini ada 2 kemasan, besar dan kecil, yang kecil lebih sedap! Saya juga pecinta teh legendaris ini, bisa hub saya 085736559204 utk yang kangen rasanya… Mari ngeteh 🙂

  3. Pingback: Produsen Teh di Dunia, siapa aja ya? – Mul_Tea Pleasure·

Your comment, please!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s